Minggu, 12 Agustus 2012

KINERJA POS: Kantor Pos Tasikmalaya Bidik Pendapatan Rp15 Miliar

Compact_kantor_pos
TASIKMALAYA: PT Pos Kantor Tasikmalaya menggenjot pendapatan tahun ini Rp15 miliar atau tumbuh 20% dari tahun sebelumnya dengan mengandalkan jasa keuangan ritel seperti penerimaan kiriman uang dan jasa pembayaran.

Kepala Kantor Pos  Tasikmalaya Joko Sudarmawan mengatakan pendapatan Pos kantor Tasikmalaya sampai pertengahan tahun ini sudah tercapai lebih dari 50%. “Diharapkan, sebelum akhir tahun 2012 target tersebut akan tercapai,” katanya di sela-sela buka bersama di Makodim 0612 Tasikmalaya, Sabtu (11/8).

Dia menjelaskan pendapatan PT Pos saat ini sekitar 60% didapat dari jasa pembayaran Payment Point (PP) seperti pembayaran listrik,  kredit leasing dan kartu kredit. “Untuk Tasikmalaya kami sudah bisa meraup 60%-61% pasar payment, mulai pembayaran listrik, cicilan motor dan juga pembayaran kartu kredit,” jelasnya.

Menurut dia, untuk bisnis surat dan kiriman dokumen saat ini harus bersainga ketat dengan swasta sehingga pertumbuhan usahanya melambat, di samping tren pertumbuhan teknologi komunikasi yang semakin canggih membuat volume pengiriman surat juga semakin berkurang.

Namun begitu, jasa titipan Pos sebenarnya masih tumbuh signifikan terutama didukung inovasi layanan titipan kilat yang memastikan kiriman sampai dalam sehari.

“Tahun 2011, merupakan tahun perbaikkan pola operasi. Perbaikan tersebut, memperluas jejak lacak, menyediakan titik-titik trasportasi dan titik ditribusi serta kecepatan. Di Pos juga ada titipan ekpress next to day dengan harga lebih murah,” jelasnya.

Joko menyampaikan untuk jasa penerimaan kiriman uang dari luar negeri melalui Kantor Pos Tasikmalaya juga terus tumbuh, terlebih pada Ramadan ini.

Menurutnya, kenaikkan dirasakan sejak awal Ramadan yang jumlah kiriman uangnya meningkat hingga 40% dibandingkan hari normal.

“Untuk jumlah saya kurang tahu persis. Yang jelas ada peningkatan pengiriman uang dari luar negeri melalui PT Pos sekitar 40%,” ujarnya.

Pengiriman uang tersebut, katanya, banyak dari negara ASEAN seperti Malaysia, Singapura, Hongkong, Taiwan serta Arab Saudi. "Banyaknya kiriman uang tersebut, mungkin karena Tasikmalaya juga merupakan tujuan mudik sehingga uang dikirim terlebih dahulu."

Joko menambahkan PT Pos menyediakan armada khusus mengantisipasi lonjakan kiriman baik ke luar Tasikmalaya maupun tujuan Tasikmalaya. Selain itu akan ditingkatkan pemberangkatan angkutan titipan, menjadi lima kali dalam satu hari.

Pekan ini, ugkapnya, sudah terjadi peningkatan titipan baik menuju atau ke luar Tasikmalaya mulai dokumen, pakaian, bahkan kendaraan sepeda bermotor.

Jumlah kiriman sudah mencapai 300 paket per hari dari hari biasa antara 160 paket dan sepeda motor dari 10-15 unit di hari biasa kini mencapai 20 unit.

“Kiriman ada dari Bogor, Jakarta dan Jawa Tengah. Rata-rata kiriman mereka berupa makanan dan pakaian. Untuk ke luar kota seperti Jateng atau Jatim mereka kirim pakaian dari sini mungkin karena pakaian seperti baju koko dan mukena di Tasikmalaya lebih murah,” jelasnya.

Untuk antisipasi kemacetan yang akan menghambat angkutan kiriman, Joko mengaku sudah mengatisipasinya dengan memetakan jalur-jalur yang rawan macet dari data pemerintah daerah dan pihak kepolisian, sehingga akan diketahui, jalur-jalur mana yang bisa jadi alternatif pengiriman armada dalam kondisi krusial.

“Kami juga mungkin mengubah pola angkutan dari truk besar ke kendaraan yang lebih kecil seperti L300 agar bisa melaju di di jalan sempit. Kalau menggunakan puso, meski daya angkutnya besar, namun kiriman bisa tidak sampai (karena macet),” kata Joko. (k55/api)

SRIWIJAYA AIR: Perbangan Perdana Malang—Makassar—Mamuju Terganjal Izin Kemenhub

Compact_sriwijaya
MALANG: Penerbangan perdana maskapai Sriwijaya Air rute Malang-Makassar-Mamuju yang rencananya dimulai hari in, Senin (13/8/2012), akhirnya ditunda karena faktor perizinan yang belum lengkap.
 
District Manager Sriwijaya Air Malang M. Yusrie, mengatakan perizinan  dari Lapangan Udara  Abdurahman Saleh Malang sudah tidak masalah. 
 
“Lanud sangat mendukung. Namun, izin dari Kementerian Perhubungan untuk slot penerbangan yang di Mamuju masih belum terbit. Jadi penerbangan perdana Sriwijaya untuk rute tersebut kami tunda terlebih dulu,” katanya hari ini, Senin (13/8/2012).
 
Dia menambahkan dari sisi kesiapan moda pesawat, sebenarnya tidak ada masalah  bagi Sriwijaya, karena pesawatnya sudah siap.
 
Nantinya, rute Malang-Ujung Pandang-Mamuju tersebut akan dilayani dengan menggunakan pesawat Boeing 737-500 dengan kapasitas tempat 120 seat.
 
Berdasarkan jadwal, penerbangan berangkat  dari Malang  pukul pukul 12.30 WIB waktu Malang, sedangkan kedatangan pesawat di Malang pukul  12.00 WIB.
 
Dia yakinkan, penerbangan rute Malang-Ujung Pandang-Mamuju sebenarnya peminatnya banyak. Indikatornya penerbangan rute Surabaya-Ujung Pandang dengan 20 kali penerbangan setiap hari dan tingkat okupansinya bagus.
 
Pangsa pasar dari Malang pada penerbangan Surabaya-Ujung Pandang, lanjut dia, mencapai sekitar 15%. Karena itulah, jika pangsa pasar sebesar itu ditarik 5% untuk dialihkan ke Malang lewat pembukaan penerbangan rute Malang-Ujung Pandang-Mamuju, maka penerbangan rute tersebut akan banyak peminat.
 
Dia memperkirakan load factor rute Malang-Ujung Pandang mencapai 80%-90%, sedangkan tiket ditetapkan bervariasi mulai dari Rp490 juta-Rp1,280 juta.
 
Dalam penerbangan tersebut, rencananya dibuka buka untuk klas bisnis dengan harga tiket  Rp1,4 juta-Rp2,175 juta. Seat yang disediakan untuk kelas tersebut sebanyak 8 seat.
 
Dia yakinkan pula, kalangan perusahaan-perusahaan travel di Malang mendesak Sriwijaya Air untuk membuka rute Malang-Ujung Pandang. Pertimbangannya karena masyarakat, yakni calon penumpang, banyak yang menanyakan terkait dengan pembukaan rute Malang-Ujung Pandang.
 
“Banyak biro-biro perjalanan yang menanyakan kepada kami tentang mengapa penerbangan Sriwijaya Air rute Malang-Ujung Pandang-Mamuju tidak dibuka. Kami pun merespon permintaan masyarakat. Namun karena masalah perizinan yang belum rampung, maka pembukaan penerbangan rute tersebut kami tunda terlebih dulu.”
 
Calon potensial penumpang Sriwijaya rute Malang-Ujung Pandang-Mamuju,  kata dia, terutama dari kalangan pebisnis serta pekerja di sektor perkebunan dan pertambangan.
 
Pekerja pertambangan dan perkebunan di Indonesia Timur transitnya di Ujung Pandang, setelah itu dapat melanjutkan perjalanannya ke kota-kota tujuan, seperti kota-kota Papua.(k24)
 

ANGKUTAN LEBARAN 2012: Inilah Rencana Operasi Kereta Api Komersial Dan Tambahan

Compact__mg_0020
Rencana operasi angkutan Lebaran 2012 moda kereta api adalah sebagai berikut:
1. Masa angkutan Lebaran ditetapkan selama 16 hari, dimulai Pra Lebaran selama 7 hari (H1-7) pada 12 Agustus s.d. 18 Agustus 2012 dan Purna Lebaran selama 7 hari (H2+7) atau mulai 21 Agustus s.d. 27 Agustus 2012.
2. Puncak arus mudik Lebaran (Pra Lebaran) diperkirakan pada H1-3 atau 16 Agustus 2012 dan puncak arus balik Lebaran (Purna Lebaran) diperkirakan  terjadi pada H2+5 atau 25 Agustus 2012.
3. Skenario operasi:
a. Memenuhi rangkaian KA Reguler sesuai dengan stamformasi GAPEKA 2011 serta MALKA (Maklumat Kereta Api). Selain itu, dipersiapkan tahapan-tahapan mulai dari maksimalisasi stamformasi KA reguler, menjalankan KA Lebaran tertentu sesuai kebutuhan, maksimalisasi stamformasi KA reguler sampai batas daya tarik lokomotif, hingga menjalankan KA Lebaran tertentu dengan pola “V” slag.
b. Sarana, menyiapkan rangkaian KA Reguler sebanyak 178 KA dan 18 KA Tambahan Komersial dan 14 KA Tambahan Ekonomi yang terdiri dari:

Tabel 1. KA Tambahan Komersial
No    Nama KA    Relasi*      
1    Argo Lawu Lebaran    Slo-Gmr              
2    Argo Lawu Lebaran    Gmr-Slo              
3    Argo Dwipangga    Slo-Gmr              
4    Argo Dwipangga    Gmr-Slo              
5    Gajayana Lebaran    Ml-Gmr              
6    Gajayana Lebaran    Gmr-Ml              
7    Cirebon Ekspres Lebaran    Cn-Gmr              
8    Cirebon Ekspres Lebaran    Gmr-Cn              
9    Lodaya Lebaran    Bd-Slo              
10    Lodaya Lebaran    Slo-Bd              
11    Lodaya Lebaran (Pagi)    Bd-Slo              
12    Lodaya Lebaran (Pagi)    Slo-Bd              
13    Sancaka Lebaran    Sgu-Yk              
14    Sancaka Lebaran    Yk-Sgu              
15    Sancaka Lebaran (Pagi)    Sgu-Yk              
16    Sancaka Lebaran (Pagi)    Yk-Sgu              
17    Sawunggalih Lebaran    Kta-Pse              
18    Sawunggalih Lebaran    Pse-Kta      

Tabel 2. KA Tambahan Non-komersial
No    Nama KA    Relasi*
1    Pasundan Lebaran    Sgu-Kac
2    Pasundan Lebaran    Kac-Sgu
3    Kertajaya Lebaran    Sbi-Pse
4    Kertajaya Lebaran    Pse-Sbi
5    Tawangjaya Lebaran    Smc-Pse
6    Tawangjaya Lebaran    Pse-Smc
7    Matarmaja Lebaran    Ml-Pse
8    Matarmaja Lebaran    Pse-Ml
9    Mantab Lebaran    Mn-Thb
10    Mantab Lebaran    Thb-Mn
11    Kutojaya Utara Lebaran    Kta-Pse
12    Kutojaya Utara Lebaran    Pse-Kta
13    Kutojaya Selatan Lebaran    Kta-Kac
14    Kotojaya Selatan Lebaran    Kac-Kta

MUDIK LEBARAN 2012: Lonjakan Di Terminal Ubung, Bali Capai 125%

Compact_mudik
DENPASAR: Lonjakan arus mudik mulai terlihat di Terminal Ubung, Denpasar, pada H-7 Lebaran tahun ini dengan kenaikan jumlah penumpang lebih dari 125% dibandingkan intensitas hari biasa.

Anak Agung Eka Putra, Kasubag Tata Usaha Terminal Ubung, Denpasar, menuturkan pada H-7 Lebaran atau Minggu (12/8/2012) jumlah kendaraan yang berangkat dari Terminal Ubung sebanyak 82 armada, naik 46% dibandingkan dengan rata-rata keberangkatan hari biasa 56 armada.

Apabila dibandingkan dengan realisasi pada H-7 Lebaran 2011, jumlah kendaraan yang meninggalkan Pulau Bali lewat Terminal Ubung meningkat 20,59%.

“Sementara jumlah penumpang yang berangkat dari Terminal Ubung [pada H-7] sebanyak 2.824 penumpang atau naik 38,23% dibandingkan tahun lalu 2.043 penumpang,” jelasnya di kantor, Selasa (13/8).

Pada hari biasa, lanjutnya, rata-rata jumlah penumpang yang berangkat dari Terminal Ubung sekitar 1.254 orang. Artinya, pada H-7 Lebaran tahun ini terjadi kenaikan cukup signifikan, lebih dari 125% dibandingkan rata-rata hari biasa.

Menurutnya, tren peningkatan jumlah penumpang masih akan terjadi hingga hari raya, dimana puncaknya diprediksi pada H-2, Jumat (17/8).

Eka Putra mengatakan pihaknya sudah mengantisipasi lonjakan penumpang pada masa mudik Lebaran 2012, a.l. dengan menyiapkan kendaraan sebanyak 780 unit dengan kapasitas 14.554 kursi, baik untuk armada reguler maupun cadangan.

Untuk angkutan antar-kota antar-provinsi (AKAP), otoritas Terminal Ubung menyiagakan 6 unit bus cadangan dengan kapasitas 168 kursi, di luar armada reguler sebanyak 146 bus berkapasitas 4.968 kursi.

Sementara untuk angkutan antar-kota dalam provinsi (AKDP), selain 70 armada reguler berkapasitas 1.960 kursi, dicadangkan 18 unit dengan kapasitas 630 kursi.

Di luar semua itu, angkutan reguler berupa microbus tetap beroperasi tanpa tambahan armada cadangan, yakni sebanyak 468 unit dengan kapasitas 6.832 kursi.

“Untuk menghindari percaloan atau tembak harga di atas bus, kami mengarahkan penumpang untuk naik dari terminal, tidak di tengah jalan,” jelas Eka Putra.

Berdasarkan pantauan Bisnis, siang ini, situasi Terminal Ubung cukup ramai penumpang dengan intensitas keluar dan masuk kendaraan yang belum terlalu tinggi. Lonjakan diprediksi baru akan terjadi pada sore atau malam hari.

Sebaliknya, kepadatan arus mudik tidak terlihat di Terminal Tipe A Mengwi, Badung pada siang ini. Situasi terminal tersebut tampak sepi, hanya beberapa bus yang terparkir dan belasan calon penumpang yang menunggu keberangkatan.

Dari 24 loket pelayanan yang disediakan, hanya enam loket yang buka. Namun, berdasarkan catatan Dinas Perhubungan Badung, pada H-7 sebanyak 51 bus berkapasitas 1.771 penumpang berangkat dari Terminal Mengwi, sedangkan yang tiba mencapai 120 bus dengan penumpang yang terangkut sebanyak 1.449 orang.

Berdasarkan proyeksi Dinas Perhubungan Badung, sekitar 78 kendaraan berkapasitas 2.349 penumpang akan meninggalkan Bali melalui Terminal Mengwi pada H-7 Lebaran tahun ini.

Untuk hari ini, H-6, diprediksi jumlah nya meningkat menjadi 107 kendaraan dengan perkiraan jumlah penumpang mencapai 3.729 orang.

“Tapi sudah ada geliat [pada H-7] . Jumlah kendaraan yang menaikan penumpang naik sekitar 20% dibandingkan hari normal,” ujar Kepala Dinas Perhubungan Bidang Komunikasi dan Informatika Badung I Made Sutama kepada Bisnis.

Made Sutama mengatakan ada sejumlah titik rawan kemacetan di wilayah Badung yang sudah diantisipasi dengan menyiagakan petugas pada sejumlah posko di lokasi-lokasi tersebut. Titik-titik rawan kemacetan tersebut, a.l. Pasar Belingkit, RSUD Badung, dan Jalan Sempidi. (spr)

Gelombang Mudik Mulai Bergerak


JAKARTA, KOMPAS.com - Gelombang pemudik yang hendak merayakan hari raya Idul Fitri mulai bergerak menuju kampung halaman masing-masing. Diperkirakan lebih dari 22 juta penduduk Indonesia melakukan perjalanan secara serentak tujuh hari sebelum dan setelah hari raya dengan berbagai moda transportasi.
Data resmi Kementerian Perhubungan menunjukkan, dari 22 juta pemudik tersebut, 16,5 juta di antaranya menggunakan berbagai moda angkutan. Sisanya memakai kendaraan pribadi, seperti mobil atau sepeda motor.
”Jumlah pemudik bisa saja lebih besar dari itu karena angka yang benar-benar diketahui adalah jumlah pemudik pengguna angkutan umum, yakni 16,5 juta,” ujar Wakil Menteri Perhubungan Bambang Susantono dalam penerbangan dari Banyuwangi ke Surabaya, Minggu (12/8/2012).
Menurut Bambang, dari hasil survei yang dilakukan Lembaga Penelitian dan Pengembangan Kementerian Perhubungan, jumlah pemudik bahkan diprediksi bisa 25 juta hingga 27 juta jiwa.
Survei tersebut diselenggarakan di 12 kota besar terhadap 12.000 rumah tangga. Survei ini dibutuhkan Kementerian Perhubungan untuk mendapatkan gambaran awal jumlah orang yang akan mudik.
”Tentunya ini adalah proxy (pendekatan) atas jumlah pemudik. Adapun angka sekitar 16 juta adalah pemudik angkutan umum. Selisihnya itu adalah pemudik berkendaraan pribadi dan yang tidak jadi mudik. Itulah makanya kami menjadwalkan survei lanjutan setelah Lebaran nanti untuk menanyakan responden yang sama, jadi atau tidaknya mudik,” tuturnya.
Untuk mengetahui perkiraan jumlah pemudik yang menggunakan mobil pribadi atau sepeda motor, Kementerian Perhubungan memperhitungkan setiap satu juta sepeda motor akan mengangkut 1,75 juta orang.
Asumsinya, 75 persen dari pengendara sepeda motor itu membonceng satu orang. Sementara pemudik yang menggunakan mobil jumlahnya empat kali lipat pengguna sepeda motor.
Dengan besarnya angka pemudik ini, kemacetan lalu lintas akan menjadi keniscayaan. Karena itu, koordinasi yang rapi di antara petugas di lapangan antardaerah sangat dibutuhkan untuk meminimalkan stagnasi kendaraan di jalur mudik. Puncak arus mudik diperkirakan pada 16 atau 17 Agustus 2012.
Seperti tahun-tahun sebelumnya, jumlah pemudik dari Jakarta merupakan yang terbesar. Tahun ini jumlah pemudik dari Jakarta diperkirakan mencapai 8,3 juta orang atau naik 15,11 persen dibandingkan tahun sebelumnya yang mencapai 7,2 juta jiwa.
Tren pemudik Jakarta sebagian besar masih memilih kendaraan pribadi. Data Dinas Perhubungan DKI Jakarta mencatat, estimasi mobil pribadi yang bergerak dari Jakarta sebanyak 4,4 juta kendaraan. Sementara sepeda motor berjumlah 1,5 juta-2,5 juta unit.
Meskipun untuk menuju Jawa Barat, Jawa Tengah, dan Jawa Timur terdapat beberapa jalur alternatif, jalur pantai utara (pantura) tetap menjadi pilihan bagi pemudik. Di jalur ini, kemacetan terjadi karena masalah klasik, seperti perempatan jalan, pasar tumpah, atau pelintasan kereta api.
Beban jalur pantura bisa berkurang seandainya pengguna kendaraan mau memilih jalur alternatif. Namun, persoalannya, jalur alternatif di wilayah tengah Jawa Barat dan perbatasan Jawa Tengah lebih layak dilalui pada siang hari. Dari survei yang dilakukan Kompas, sebagian jalur alternatif berisiko untuk dilalui pada malam hari karena jalannya relatif sempit, berkelok, dan tidak ada lampu penerangan.
Besarnya jumlah kendaraan yang bergerak selama dua pekan ke depan tidak hanya menimbulkan potensi kemacetan, tetapi juga kecelakaan.
Pengemudi dituntut meningkatkan kewaspadaan serta lebih disiplin dalam berkendara. Masyarakat diminta berani menegur pengemudi yang mengantuk dan ugal-ugalan. Tujuannya adalah menekan angka kecelakaan yang kerap terjadi akibat kelalaian pengemudi.
”Semua harus berani mengingatkan karena keselamatan banyak nyawa manusia saat itu ada di tangan pengemudi,” kata Kepala Korps Lalu Lintas Kepolisian Negara RI (Polri) Inspektur Jenderal Pudji Hartanto Iskandar.
Data Polri menunjukkan, jumlah korban kecelakaan lalu lintas akibat pengemudi mengantuk cukup tinggi. Tahun 2010 dari total 352 korban meninggal dunia dan luka berat, 49 di antaranya meninggal. Setahun kemudian meningkat menjadi 88 orang dari total korban 909 orang meninggal dunia dan luka berat.
Mulai ramai
Minggu kemarin di Terminal Pulogadung, Jakarta Timur, peningkatan jumlah penumpang signifikan. Jumlah penumpang yang diberangkatkan mencapai 1.751 orang melalui 70 bus. Jumlah penumpang itu melonjak empat kali lipat lebih dibandingkan dengan hari biasa.
Kondisi serupa terjadi di Terminal Kampung Rambutan. Sejak Sabtu (11/8/2012) sampai Minggu kemarin pukul 13.00, sebanyak 10.723 pemudik berangkat melalui Terminal Kampung Rambutan, Jakarta Timur, ke sejumlah daerah di Jawa dan Sumatera.
Untuk angkutan udara, sedikitnya 2,6 juta orang diprediksi akan berangkat dari Bandar Udara Soekarno-Hatta, Banten. Minggu kemarin peningkatan jumlah penumpang ini sudah mulai terlihat, bahkan sejumlah penerbangan ekstra sudah dioperasikan.
Penyeberangan Jawa-Bali di Pelabuhan Ketapang-Gilimanuk kemarin juga mulai dipadati pemudik. Jumlah penyeberang mencapai 1.600 atau naik 20 persen dibandingkan hari biasa.
Dari pantauan, pelabuhan penghubung Jawa-Bali itu telah ramai dengan pemudik roda dua. Para pemudik menuju kota-kota lain di Jawa Timur, seperti Malang, Kediri, Madiun, dan Jember. (APA/CHE/ADH/ENG/NIT/OIN/PIN)

Sumber :
Kompas Cetak
Editor :
Hindra

Tips Mudik Aman Menggunakan Bus


Lebaran Idul Fitri sudah dekat, apakah anda merencanakan mudik ke kampung halaman anda ? Bagi anda yang mudik menggunakan kendaraan sendiri tida begitu direpotkan dengan kegiatan-kegiatan yang memerlukan tenaga dan waktu ekstra. Tapi bagi pemudik yang mepergunakan kendaraan umum, sungguh suatu perjuangan yang melelahkan apabila tidak direncanakan dari jauh hari sebelum lebaran, berikut beberapa tips mudik menggunakan bus , semoga bermanfaat.




Tentukan waktu, kapan anda akan berangkat, (apabila anda menggunakan bis yang bisa pesan tempat duduk/bis malam, segera pesan tempat sedini mungkin, apabila anda menggunakan bus umum usahakan jangan berangkat pada waktu tepat hari libur, apabila memungkinkan berangkat setelah hari H)

Cek di sekitar tempat tinggal anda apakah ada panitia mudik bersama, apabila ada, manfaatkan.

Persiapkan barang yang akan anda bawa, apabila anda membawa barang dalam jumlah yang besar, manfaatkan jasa paket dan kirim sebelum anda berangkat. Selama perjalanan anda, bawa barang yang penting dan hanya dibutuhkan diperjalanan.

Selama perjalanan jangan terlalu percaya kepada orang yang tidak kita kenal, jangan menerima makanan dan minuman dari orang yang tidak kita kenal, jangan menyimpan barang berharga/uang didalam kantong/tas yang disimpan terpisah dari kita, simpan uang di beberapa tempat yang berbeda, misal ada di saku celana, saku kemeja, saku kanan, saku kiri untuk menjaga apabila kita kehilangan/kecopetan, masih ada persediaan di saku/tempat yang lain.

Simpan barang bawaan, di tempat yang kelihatan dari tempat duduk anda, jangan menyimpan dibelakang anda.

Jangan memakai perhiasan yang mencolok.

Kenali/perhatikan orang yang duduk disamping, depan dan belakang anda.

Cari teman/saudara yang satu jurusan untuk berangkat bersama, usahakan jangan berangkat sendirian.

Setelah sampai ditujuan periksa kembali barang bawaan anda jangan sampai tertinggal.



Tips Mudik Aman Menggunakan Bus 9out of 10 based on 10 ratings. 9 user reviews.

TIP MUDIK AMAN, LENGKAP


GUNAKAN ANGKUTAN UMUM
Mudik atau pulang kampung, sudah menjadi ritual rutin yang dilakukan penduduk Indonesia setiap tahunnya. Sehingga Lebaran, bukan soal keagamaan saja, tetapi juga kebudayaan, karena di dalamnya ada unsur nengok kampung halaman, silaturahmi dengan para sahabat dan sanak saudara, menyambangi makam leluhur, dan menjamu para kenalan serta sanak kadang.
Pokoknya mudik sarat dengan “keindahan hidup”, setelah setahun terbelenggu dengan kegiatan rutin yang membosankan. Nah, bila Anda akan mudik menggunakan angkutan umum, entah itu bus, mobil travel, kereta api, dan kapal laut, berikut tips yang harus diperhatikan agar mudik menjadi aman dan nyaman:
  1. Bawa barang secukupnya saja, yang dibutuhkan dalam perjalanan maupun di tempat mudik nanti. Dengan demikian tidak akan merepotkan perjalanan Anda.
  2. Berdoalah sebelum berangkat, mohon perlindungan-Nya.
  3. Bawa uang secukupnya saja dalam dompet, karena sekarang, dimana saja sudah ada ATM, bahkan sampai daerah terpencil sekalipun. Jadi tidak masalah kalau butuh uang.
  4. Khusus bagi wanita, jangan memakai perhiasan dari emas, yang mencolok, yang bisa menimbulkan niat jahat dari para penjahat.
  5. Ketika sudah di dalam angkutan umum santai saja, namun tetap waspada. Jangan mudah percaya dengan orang yang baru dikenal. Kalau menawarkan minuman atau makanan, tolak dengan halus. Sudah banyak yang jadi korban pembiusan.
  6. Perut jangan dibiarkan kosong selama perjalanan. Jika lapar, makanlah di tempat resmi. Kalau keretaapi dan kapal laut, bisa ke kantin resmi. Kalau bus, atau angkutan travel, bisa jajan di perhentian yang resmi, biasanya mampir di rumah makan tertentu yang sudah ditunjuk oleh perusahaan bus atau angkutan travel yang bersangkutan.
  7. Bawa Hp dan batery serep, supaya komunikasi tidak terputus di perjalanan. Bawa charger-nya, untuk nanti di tempat tujuan. Kalau berpegiannya bersama keluarga, jaga ketat anak-anak balita. Bawa juga perlengkapannya, seperti minyak telon, dan sebagainya.
  8. Bagi yang sering “mabuk” dalam angkutan umum, minum antimo dulu sebelum berangkat. Bawa minuman herbal seperti misalnya “tolak angin”, sangat membantu di perjalanan. Juga bawa permen jahe, atau permen asem, bisa atasi rasa mual selama perjalanan.
  9. Bawa uang receh, untuk keperluan memberi pengemis atau pengamen.
                                          ----------------------------------------
MENGGUNAKAN MOBIL PRIBADI
Bagi mereka yang ingin mudik dengan kendaraan pribadi, berikut tips berguna yang perlu dipersiapkan agar perjalanan aman-aman saja dan tidak ada rintangan.
1.Sebelum berangkat, buatlah list barang-barang yang akan dibawa, sehingga kemungkinan lupa membawa barang kesayangan tidak terjadi.  Dimulai dari barang-barang yang paling penting, penting, kurang penting, dan tidak penting. Yang tidak penting, tentu tidak usah dibawa,hehehe….
2.Pastikan mobil  Anda siap digunakan untuk perjalanan jauh. Oleh sebab itu, cuci mobil Anda di tempat penyucian mobil. Lalu serviskan ke bengkel resmi guna diperiksa secara menyeluruh. Dengan demikian mobil ready untuk mengantarkan Anda sampai tujuan.
3.Cek perlengkapan mobil. Pastikan seluruh peralatan tambahan pada mobil Anda tersedia. Jangan sampai jika terjadi keadaan darurat, Anda tidak menemukan dongkrak, obeng, tang, kunci pas, ampelas, dan lain-lain. Pastikan semuanya tersedia di mobil.
4.Bawalah sparepart cadangan yang banyak digunakan. Kita tidak pernah tahu apa yang akan terjadi dalam perjalanan panjang. Pastikan busi, sekring, tali rem, tali kopling, ban, dan sejumlah sparepart cadangan lainnya ada di dalam mobil. Bagi mobil yang tahunnya sudah lama, ada baiknya menyediakan air dalam gerigen plastik kecil, kalau radiator membutuhkan air di tengah jalan.
5.Jangan lupa mengecek kotak P3K. Sediakan minyak angin, betadine, obat sakit kepala, minuman herbal tolak angin, permen jahe atau asem, untuk perut mual. Jangan lupa salonplas, kalau pegal di perjalanan. Juga tensoplas, jumbo maupun yang kecil, jika terjadi luka di perjalanan, pengganti perban dan plester.
6.Bawa koleksi musik yang paling Anda sukai. Bisa berupa kaset, CD, MP3, flash disk berisi lagu-lagu, untuk hiburan di perjalanan dari pada sepi dan hanya mendengarkan deru mesin saja.
7.Sediakan peta mudik yang berisi sejumlah informasi yang dibutuhkan, seperti pom bensin, bengkel, posko Lebaran, dan kondisi jalan. Anda bisa mendapatkan peta mudik di pos-pos layanan mudik yang disediakan oleh berbagai pihak seperti perusahaan telepon seluler, perusahaan otomotif, perusahaan minuman, dan lain-lain. Kalau punya GPS, bawa, atau sekarang juga sudah ada Hp jenis smart-phone yang bisa dimunculkan GPS-nya. Jadi tidak masalah.
8.Kalau perjalannnya sangat jauh, sediakan sopir cadangan, bisa bawa sopir profesional yang disewa, atau dari anggota keluarga sendiri, misalnya keponakan, anak, dan lain-lain. Sehingga tidak lelah dan bisa bergantian bila diperlukan. Kalau lelah, jangan dipaksakan, istirahatlah sejenak di tempat yang aman. Posko-posko mudik yang banyak bertebaran, masjid di tepi jalan, pom bensin, dan pos polisi.
9.Jika mobil bermasalah, carilah layanan gratis. Perusahaan otomotif biasanya membuka posko layanan gratis di sejumlah titik tertentu di jalur mudik. Mereka juga biasanya menyediakan satu nomor darurat yang bisa dihubungi jika Anda mendapat masalah dengan kendaran Anda. Carilah informasi di manakah posko-posko itu berada.
10.Baterai dan pulsa: Telepon seluler kini tak bisa dilepaskan dari kehidupan kita. Pastikan baterai dan pulsa telepon seluler Anda dalam kondisi penuh. Jangan sampai terjadi, dalam keadaan darurat telepon Anda tidak bisa digunakan.
11.Tidak hanya mobil yang perlu disiapkan, kondisi badan Anda juga perlu persiapan. Perjalanan panjang membutuhkan kondisi badan yang prima. Pastikan Anda dalam kondisi fit sebelum memulai perjalanan jauh. Jika mengantuk, berhentilah untuk beristirahat. Dianjurkan agar Anda beristirahat setiap empat jam.
12.Jangan lupa isi juga tangki air wiper anda, untuk membersihkan debu, atau apa saja yang menempel di kaca mobil Anda. Gunakan air khusus untuk wiper yang betul-betul bisa membersihkan kaca, sehingga tidak menghalangi pandangan.
                                -----------------------------------------------------------
MENGGUNAKAN SEPEDA MOTOR
Belakangan ini pengguna sepeda motor justru terus meningkat. Alasannya simpel, selain hemat, mudik menggunakan motor juga lebih efisien dan bisa menghindari kemacetan. Nah, bagi Anda yang memilih mudik menggunakan sepeda motor, ingat, jangan sepelekan soal keamanan. Karena itu, ada baiknya Anda memperhatikan beberapa tips mudik aman menggunakan sepeda motor.
Sebelum berangkat.
 1. Pastikan Surat surat kendaraan, seperti STNK dan SIM, tersedia. Bila SIM Anda masa berlakunya habis, segera urus untuk perpanjangannya. Mengurus SIM sekarang tidak lama. Di kota-kota besar, untuk perpanjangan, hanya diperlukan waktu sehari. Jangan sampai, karena surat-surat tidak lengkap, perjalanan Anda jadi terhambat.
2. Cek kondisi kendaraan, meliputi:
- Cek kondisi mesin dan oli. Apakah sudah siap jalan atau belum.
- Periksa kelayakan rem depan dan belakang.
- Periksa kelayakan lampu utama, lampu petunjuk, dan lampu isyarat .
- Periksa kelayakan roda belakang dan depan. Bila sudah tipis segera diganti.
- Siapkan jas hujan. Usahakan jas hujan celana dan baju, soalnya lebih praktis       dan aman.
- Jangan lupakan perlengkapan sepeda motor seperti kuncu busi, ampelas, obeng, dll, tersedia dalam motor Anda.
- Jangan mengangkut anggota keluarga atau teman secara berlebihan, misalnya empat orang. Bisa merepotkan.
3. Bila pemula atau pertama kali mudik, alangkah baiknya banyak bertanya kepada teman-teman mengenai suasana dan keadaan  yang akan dilalui nanti.
- Tanyakan kapan harus istirahat dan di mana istirahat yang baik.
- Tanyakan situasi perjalanan di mana saja yang harus diperhatikan dan diwaspadai.
Saat di perjalanan.
 1. Sebelum perjalanan mulailah dengan berdoa, biar hati semakin mantap.
2. Jangan lupa pakai baju dan jaket yang nyaman. Jangan kenakan jaket yang sempit atau terlalu longgar.
3. Pastikan badan anda sehat
4. Taati peraturan lalu lintas
5. Menyalakan lampu kendaraan pada siang atau malam hari
6. Jangan membawa barang berlebihan, dan meletakkan barang dekat dengan stang strir, karena akan mempengaruhi manuver kendaraan
7. Jangan paksa kemampuan motor Anda di atas kemampuan rekomendasi perusahaan.
8. Jangan mudah  terbawa emosi terhadap pengendara lain, sehingga mengendarai motor dengan balapan.
9. Bila mengendarai saat puasa, atur ritme perjalanan. Bila kondisi panas dan lelah jangan ragu istirahat.
10. Isi bensin kembali di SPBU terdekat saat penunjuk bensin berada di posisi seperempat mendekati habis, karena kita tidak tahu seberapa jauh lagi pom bensin di depan.
11. Buat perjalanan mudik Anda sebagai perjalanan rekreasi yang menyenangkan, sehingga badan dan pikiran akan selalu rileks
Saat istirahat.
 1. Jangan paksa diri terus berkendara karena ingin cepat sampai tujuan
2. Istirahatlah di tempat aman, di posko-posko, mesjid, pom bensin, atau kantor polisi. Gunakan waktu istirahat semaksimal mungkin sehingga kemampuan tubuh kembali fit.
3. Jangan istirahat terlalu lama karena akan merusak ritme berkendara. Bila terlalu lama membuat mata jadi mudah terpenjam
4. Bila perlu, istirahatlah beberapa kali sehingga kemampuan badan tetap oke.
Sepeda Motor Naik Angkutan.
 Ada juga saran yang bagus. Bila kota yang Anda tuju terlalu jauh, paketkan saja sepeda motor Anda. Bisa lewat jasa keretaapi, atau jasa travel barang. Anda bisa ikut angkutan umum, dan barulah di kota tujuan sepeda motor itu siap digunakan. Dalam pilihan yang terakhir ini, biasanya bensin dikosongkan. Jadi kalau sudah sampai di tempat tujuan, pertama kali isilah sepeda motor Anda dengan bensin dulu, sebelum digukanan. Pilihan yang terakhir ini relatif cukup aman.
Itulah beberapa tips lengkap perjalanan mudik. Akhirnya, semoga Anda selamat sampai tujuan dan….Selamat Berlebaran! (Sukmawijaya)
                                                     ------------------

Makna di Balik Kupatan atau Ketupat


makna ketupatRasanya kurang lengkap jika hadirnya Hari Raya Idul Fitri tanpa adanya ketupat di hidangkan di meja sehabis Sholat Idul Fitri.
Asal Usul Ketupat
Ketupat atau kupat:  adalah hidangan khas Asia Tenggara maritim berbahan dasar beras yang dibungkus dengan pembungkus terbuat dari anyaman daun kelapa (janur) yang masih muda. Ketupat paling banyak ditemui pada saat perayaan Lebaran, ketika umat Islammerayakan berakhirnya bulan puasa. (http://id.wikipedia.org/wiki/Kupat)
Masyarakat Jawa mempercayai Sunan Kalijaga adalah orang yang pertama kali memperkenalkan ketupat. Kata Ketupat atau kupatan berasal dari bahasa Jawa yang mempunyai makna atau arti “Ngaku Lepat” yang berarti mengakui kesalahan. sehingga dengan adanya ketupat dan memakannya diharapkan sesama muslim mengakui kesalahan dan saling memaafkan.
Sunan Kalijaga membudayakan Hari Raya Setelah Ramadlon dengan dua kali Hari Raya yang biaa di sebut bhodho, yaitu lebaran pada umumnya dan bhodho kupat atau kupatan. bhodho sendiri diambil dari bahasa Arab Ba’da yang artinya sudah. Bodho kupat sendiri di mulai seminggu sesudah lebaran. yang biasanya pada waktu itu masyarakat jawa khusunya mlai sibuk membuat atau menganyam selongsong untuk kupat. dan yang sudah dimasak dihantarkan ke kerabat ataupun tetangga. di sebagian wilayah dijawa khususnya jawa tengah bhodho kupat atau kupatan diawali dengan kondangan semingu setelah lebaran. kondangan dapat diartikan berkumpul bersama suatu golongan masyarakat semisal warga satu desa atau satu RT untuk melakukan syukuran.
Konon tradisi kupatan ini menyebar hingga ke luar jawa yang dibawa oleh orang-orang jawa yng merantau ke sana.
Makna di balik Ketupat
Banyak sekali makna filosofis yang terkandung di dalam sebuah ketupat. dari mulai bungkus yng dibuat menggunakan janur kuning atau daun kelapa yang masih muda yang melambnagkan sebagai penolak bala (penolak musibah). janur sendiri berarti cahaya surga (Jannah=Surga; Nur:Cahaya). juga dapat diartikan nur (cahaya) yang melambangkan kondisi manusia dalam keadaan suci setelah sebulan penuh mendapatkan pencerahan pada bulan Ramadhan. jadi, makna dari kupatn adalah kesucian lahir dan bathin yang dimanifestasikan dalam tujuan hidup yang esensial.
Sedangkan bentuk segi empat mencerminkan prinsip “kiblat papat, lima pancer”, yang bermakna kemanapun manusia menuju pasti selalu kembali kepada Allah SWT. Bentuknya yang persegi epat juga dapat dimaknakan senagai empat macam nafsu manusia yaitu amarah (emosional), aluamah (nafsu untuk memuaskan rasa lapar), supiah (safsu untuk memiliki yang indah-indah) dan mutmainah (nafsu untuk memaksa diri). keempat nafsu tersebut yang ditakhlukkan selama puasa. sehingga dengan memakan ketupat seseorang dianggap sudah mampu menakhlukaan keempat nafsu tersebut.
Dilihat dari bentuk anyaman ketupat yang rumit mencerminkan berbagai macam kesalahan manusia. sedangkan warna putih ketika dibelah mencerminkan kebersihan dan kesucian setelah sebulan berpuasa dan memohon ampun atas kesalahan yang diperbuat. beras sebagai isi dari ketupat mempunyai makna atau melambangkan kemakmuran setelah hari raya.

Sholat Tasbih : Antara Sunnah Dan Bid’ah


ABI AZKA FATHULLAH
Tanbihun.com – Memasuki asyrul awakhir min romadhon (sepuluh malam terakhir di bulan Ramadhan), masjid-masjid mulai dari pelosok desa sampai sudut-sudut kota menggelar sholat tasbih. Hal ini dilakukan dalam rangka menyambut datangnya malam Al Qadr yaitu malam yang lebih mulia dari 1000 bulan. Sholat tasbih, sesuai dengan namanya adalah sholat yang banyak dibaca tasbih di dalamnya, pelaksanaannya sama dengan sholat sunnah lainnya hanya saja terdapat sisipin bacaan tasbih pada tiap rukun fi’linya.
Banyak ustadz atau orang yang memproklamirkan diri sebagai ustadz menganggap bahwa melaksanakan sholat Tasbih adalah perbuatan bid’ah yang dapat menghantarkan para pelakunya ke dalam neraka, berdasarkan hadits “ Kullu bid’atin dholalah, wa kullu dholalatin fin naar”. Mereka berhujjah bahwa hadits-hadits yang menerangkan tentang solat tasbih kualitasnya adalah palsu sehingga tidak bisa digunakan sebagai hujjah.
Ibnul Jauziy menghukumi Palsu
Dalam menolak sholat tasbih ini, Mereka taklid dengan perkataan Ibnul Jauziy yang mencantumkan hadits sholat Tasbih ini dalam kitab Al Maudhu’atnya (kumpulan hadits-hadits palsu). Ibnul Jauziy menyebutkan tiga jalur periwayatan hadits tersebut yang kesemuanya berasal dari Imam Daruquthni. Jalur pertama terdapat rawi yang bernama Shadaqah Bin Yazid Al-Khurasani yang dihukumi mungkar oleh Imam Bukhori. Pada jalur kedua terdapat rawi yang bernama Musa bin Abdul Aziz yang dikatakan majhul oleh Ibnul Jauzi sendiri. Sementara pada jalur ketiga terdapat Musa bin Ubaidah yang menurut Imam Ahmad dianggap tidak halal haditsnya untuk diriwayatkan. Berdasarkan hal inilah maka Ibnul Jauzi menghukumi bahwa hadits yang berkaitan dengan sholat Tasbih adalah palsu. Pendapat Ibnul Jauziy ini diaminkan oleh As Saukaniy dalam Tuhfatudz dzakiriin.
Tanggapan terhadap Kitab Al-Maudhuat.
Vonis palsu yang diberikan Ibnul Jauziy ini dengan hanya mendasarkan penelitiannya pada riwayat Imam Daruquthni semata menunjukkan bahwa beliau telah berlaku Tasahhul (menggampangkan) dalam memalsukan sebuah hadits, padahal hadits tentang sholat tasbih ini diriwayatkan oleh para Imam Ahli Hadits diantaranya adalah Imam Baihaqi, Imam Abu dawud, Ibnu Khuzaimah, Ibnu Hibban dan Imam Hakim. Menilai palsu sebuah matan hadits hanya bertumpu pada satu atau dua orang Imam tanpa mengindahkan riwayat dari Imam yang lain adalah tidak fair dan menyederai amanat ilmiah.
Oleh sebab itu penulis hendak memaparkan hadits tersebut sebagaimana di tulis oleh Abu Dawud dalam sunannya :

حَدَّثَنَا عَبْدُ الرَّحْمَنِ بْنُ بِشْرِ بْنِ الْحَكَمِ النَّيْسَابُورِيُّ حَدَّثَنَا مُوسَى بْنُ عَبْدِ الْعَزِيزِ حَدَّثَنَا الْحَكَمُ بْنُ أَبَانَ عَنْ عِكْرِمَةَ عَنْ ابْنِ عَبَّاسٍ

أَنَّ رَسُولَ اللَّهِ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ قَالَ لِلْعَبَّاسِ بْنِ عَبْدِ الْمُطَّلِبِ يَا عَبَّاسُ يَا عَمَّاهُ أَلَا أُعْطِيكَ أَلَا أَمْنَحُكَ أَلَا أَحْبُوكَ أَلَا أَفْعَلُ بِكَ عَشْرَ خِصَالٍ إِذَا أَنْتَ فَعَلْتَ ذَلِكَ غَفَرَ اللَّهُ لَكَ ذَنْبَكَ أَوَّلَهُ وَآخِرَهُ قَدِيمَهُ وَحَدِيثَهُ خَطَأَهُ وَعَمْدَهُ صَغِيرَهُ وَكَبِيرَهُ سِرَّهُ وَعَلَانِيَتَهُ عَشْرَ خِصَالٍ أَنْ تُصَلِّيَ أَرْبَعَ رَكَعَاتٍ تَقْرَأُ فِي كُلِّ رَكْعَةٍ فَاتِحَةَ الْكِتَابِ وَسُورَةً فَإِذَا فَرَغْتَ مِنْ الْقِرَاءَةِ فِي أَوَّلِ رَكْعَةٍ وَأَنْتَ قَائِمٌ قُلْتَ سُبْحَانَ اللَّهِ وَالْحَمْدُ لِلَّهِ وَلَا إِلَهَ إِلَّا اللَّهُ وَاللَّهُ أَكْبَرُ خَمْسَ عَشْرَةَ مَرَّةً ثُمَّ تَرْكَعُ فَتَقُولُهَا وَأَنْتَ رَاكِعٌ عَشْرًا ثُمَّ تَرْفَعُ رَأْسَكَ مِنْ الرُّكُوعِ فَتَقُولُهَا عَشْرًا ثُمَّ تَهْوِي سَاجِدًا فَتَقُولُهَا وَأَنْتَ سَاجِدٌ عَشْرًا ثُمَّ تَرْفَعُ رَأْسَكَ مِنْ السُّجُودِ فَتَقُولُهَا عَشْرًا ثُمَّ تَسْجُدُ فَتَقُولُهَا عَشْرًا ثُمَّ تَرْفَعُ رَأْسَكَ فَتَقُولُهَا عَشْرًا فَذَلِكَ خَمْسٌ وَسَبْعُونَ فِي كُلِّ رَكْعَةٍ تَفْعَلُ ذَلِكَ فِي أَرْبَعِ رَكَعَاتٍ إِنْ اسْتَطَعْتَ أَنْ تُصَلِّيَهَا فِي كُلِّ يَوْمٍ مَرَّةً فَافْعَلْ فَإِنْ لَمْ تَفْعَلْ فَفِي كُلِّ جُمُعَةٍ مَرَّةً فَإِنْ لَمْ تَفْعَلْ فَفِي كُلِّ شَهْرٍ مَرَّةً فَإِنْ لَمْ تَفْعَلْ فَفِي كُلِّ سَنَةٍ مَرَّةً فَإِنْ لَمْ تَفْعَلْ فَفِي عُمُرِكَ مَرَّةً

“Dari Ibnu ‘Abbâs, bahwasanya Rasulullah shallallâhu ‘alaihi wa sallam bersabda kepada ‘Abbâs bin ‘Abdul Muththalib, ‘Wahai ‘Abbas, wahai pamanku, maukah saya berikan padamu? maukah saya anugerahkan padamu? maukah saya berikan padamu? saya akan tunjukkan suatu perbuatan yang mengandung 10 keutamaan, yang jika kamu melakukannya maka diampuni dosamu, yaitu dari awalnya hingga akhirnya, yang lama maupun yang baru, yang tidak disengaja maupun yang disengaja, yang kecil maupun yang besar, yang tersembunyi maupun yang nampak. Semuanya 10 macam. Kamu shalat 4 rakaat. Setiap rakaat kamu membaca Al-Fatihah dan satu surah. Jika telah selesai, maka bacalah Subhanallâhi wal hamdulillâhi wa lâ ilâha illallâh wallahu akbar sebelum ruku’ sebanyak 15 kali, kemudian kamu ruku’ lalu bacalah kalimat itu di dalamnya sebanyak 10 kali, kemudian bangun dari ruku’ baca lagi sebanyak 10 kali, kemudian sujud baca lagi sebanyak 10 kali, kemudian bangun dari sujud baca lagi sebanyak 10 kali, kemudian sujud lagi dan baca lagi sebanyak 10 kali, kemudian bangun dari sujud sebelum berdiri baca lagi sebanyak 10 kali, maka semuanya sebanyak 75 kali setiap rakaat. Lakukan yang demikian itu dalam empat rakaat. Lakukanlah setiap hari, kalau tidak mampu lakukan setiap pekan, kalau tidak mampu setiap bulan, kalau tidak mampu setiap tahun dan jika tidak mampu maka lakukanlah sekali dalam seumur hidupmu.’.”
Musa bin Abdul Aziz memang dihukumi Majhul oleh Ibnul Jauziy, hanya saja ternyata Ibnu Main dan Nasa’I menghukumi dia ma’ruf bahkan beliau berdua berkomentar Laa ba’sa bih (la’alil mashnu’ah, Imam assuyuthi,2/38), oleh sebab itu hadits di atas kualitasnya adalah shahih.
Hadits tentang sholat tasbih ini telah diterima dan dishahihkan atau minimal dihasankan  oleh para ulama hadits dari dulu hingga sekarang. Diantaranya adalah Imam Bukhori dalam Qiro’atul ma’mum kholfal imam, Abu Dawud, Imam Nawawi dalam Tahdzibul Asma wallughot (Tanzihusy syari’at, Ibnul Araq, 2/107-108).
Sementara itu ulama kontemporer yang menghukumi shahih adalah Abdurrahman Al-Mubarokfuri dalam Tuhfatul ahwadzinya serta Syaikh Nashiruddin Al-Albani dalam Shahih Sunan Abi Dawud.
Berdasarkan keterangan di atas maka dapat disimpulkan bahwa pelaksanaan sholat Tasbih adalah sunnah, bukan bid’ah sebagaimana yang disangkakan sebagian orang yang tidak mengerti tentang dalil.

Sejarah:Asal-usul Ketupat


Tanbihun.com — Darimana sebenarnyaasal-usul ketupat? siapa pertama kali yang menemukan dan mempopulerkan ketupat? Seperti tradisi-tradisi lain di indonesia pasti memiliki,sejarah latar belakang, tidak jarang ada makna filosofi dari tradisi-tradisi tersebut. bagaimana dengan ketupat? mari kita simak hasil penelusuran kami di google berikut ini :
Umumnya ketupat identik sebagai hidangan spesial lebaran, tradisi ketupat ini diperkirakan berasal dari saat Islam masuk ke tanah Jawa.
Dalam sejarah, Sunan Kalijaga adalah orang yang pertama kali memperkenalkannya pada masyarakat Jawa. Beliau membudayakan dua kali Bakda, yaitu Bakda Lebaran dan Bakda Kupat. Bakda Kupat dimulai seminggu sesudah Lebaran. Pada hari yang disebut Bakda Kupat tersebut, di tanah Jawa waktu itu hampir setiap rumah terlihat menganyam ketupat dari daun kelapa muda. Setelah sudah selesai dimasak, kupat tersebut diantarkan ke kerabat yang lebih tua, menjadi sebuah lambang kebersamaan.
Ketupat sendiri menurut para ahli memiliki beberapa arti, diantaranya adalah mencerminkan berbagai macam kesalahan manusia, dilihat dari rumitnya anyaman bungkus ketupat. Yang kedua, mencerminkan kebersihan dan kesucian hati setelah mohon ampun dari segala kesalahan, dilihat dari warna putih ketupat jika dibelah dua. Yang ketiga mencerminkan kesempurnaan, jika dilihat dari bentuk ketupat. Semua itu dihubungkan dengan kemenangan umat Muslim setelah sebulan lamanya berpuasa dan akhirnya menginjak hari yang fitri.
Rupa (jenis-jenis) Ketupat Indonesia
Ketupat atau Kupat adalah hidangan khas Asia Tenggara yang dibuat dari beras. Beras ini dimasukkan ke dalam anyaman daun kelapa dan dikukus sehingga matang. Ketupat paling banyak ditemui sekitar waktu Lebaran, ketika umat Islam merayakan berakhirnya bulan puasa. Ketupat juga sering dihidangkan dengan sate. Bila dihidangkan dengan tahu dan gulai menjadi kupat tahu. Selain di Indonesia, ketupat juga dijumpai di Malaysia, Singapura dan sebagainya.
Di antara beberapa kalangan di Jawa, ketupat sering digantung di atas pintu masuk rumah sebagai semacam jimat. Di Bali ketupat sering pula dipersembahkan sebagai sesajian upacara.
1. Ketupek Katan Kapau
Katupek katan yang khas Kapau, yaitu ketupat ketan berukuran kecil yang dimasak dalam santan berbumbu. Ketupat ketan adalah versi rebus dari lemang. Santannya menjadi sampai kental sekali dan merasuk ke dalam ketupat. Ketupat kentan ini bisa dimakan sebagai dessert, tetapi juga bisa dimakan dengan lauk pedas, misalnya gulai itik cabe hijau atau rendang.
2. Ketupat Glabed
Ada lagi sajian rakyat lain di Tegal yang sangat populer, yaitu Kupat Glabed. Kali ini bukan ketupat dari desa Glabed. Kupat glabed adalah ketupat yang dimakan dengan kuah kuning kental. Glabed sendiri sebenarnya berasal dari ucapan orang Tegal bila mengekspresikan kuah yang kental ini. Glabed-glabed!
Ketupatnya dipotong-potong, dibubuhi tempe goreng, dan disiram dengan kuah glabed. Tambahkan sambal bila ingin citarasa pedas. Topping-nya adalah kerupuk mi yang terbuat dari tepung singkong dan taburan bawang goreng. Sebagai lauknya, Kupat Glabed selalu didampingi dengan sate ayam atau sate kerang.
3. Ketupat Betawi (Bebanci)
Masakan paling khas dan unik yang dimiliki masyarakat Betawi adalah ketupat bebanci. Saat ini nggak ada orang yang jual ketupat bebanci. Padahal sangat unik dan enak.
Sesuai dengan namanya, ketupat bebanci adalah masakan dengan unsur utama ketupat. Ketupat ini disantap dengan kuah santan berisi daging sapi dan diberi aneka bumbu seperti kemiri, bawang merah, bawang putih, cabai, dan rempah-rempah.

4. Ketupat Blegong (tegal)
Kupat Blengong (Kupat Glabed dengan daging Blengong, Blengong=Keturunan hasil perkawinan Bebek dan Angsa)
5. Ketupat Bongko (tegal)
Kupat Bongko adalah Ketupat dengan sayur tempe yang telah diasamkan.

6. Ketupat cabuk rambak (solo).
Cabuk rambak adalah ketupat nasi yang diiris tipis-tipis, dan disiram dengan sedikit sambal wijen (dicampur kemiri dan kelapa parut yang terlebih dulu digongseng). Ada yang menyukai sambal yang sangat pedas, ada yang menyukai rasa sambal yang gurih. Rasa sambalnya memang sangat khas. Hidangan ini disajikan dengan kerupuk nasi yang disebut karak.

7 .Ketupat/lontong Sayur
Lontong Sayur. Biasanya Lontong sayur itu artinya santan kental yang gurih, tapi kalo mau sehat (baca: engga mau makan santan) dikasih soun, telur rebus dan ditaburi bawang goreng.*blogkita.net __________________

MUDIK LEBARAN: Pemudik Motor Mulai Ramai Di Jalan Lintas Sumatra

Compact_mudik-motor
BANDARLAMPUNG: Pemudik motor mulai ramai melintas di Jalinsum ruas Bakauheni-Bandarlampung pada H-7 atau tujuh hari sebelum Lebaran 2012.

Berdasarkan pantauan di sejumlah titik Jalinsum, seperti depan RS Imanuel Bandarlampung, Minggu pagi, pemudik motor itu umumnya membawa anak-anak atau banyak barang, serta melaju kencang meski kondisi jalinsum masih rusak dan berdebu tebal.

Di Jalinsum juga telah berdiri posko mudik, seperti Posko Polisi Kehutanan di depan RS Imanuel.

Para pemudik motor biasanya memilih berjalan pada pagi atau sore hari untuk menghindari kondisi cuaca panas.

Selain itu, pemudik yang menggunakan kendaraan pribadi juga makin banyak melintasi jalinsum sejak kemarin hingga Minggu pagi ini.

Sebagian pemudik pengguna kendaraan roda empat ini juga menggunakan bagasi tambahan di kap kendaraannya. Plat nomor kendaraan pemudik ini umumnya berasal dari Jakarta (B) atau Bandung (D). Sebagian pemudik memilih pulang kampung lebih awal untuk menghindari kemacetan di Pelabuhan Panjang. Setelah Lebaran, mereka juga memilih balik lebih awal untuk menghindari kepadatan kendaraan di Jalinsum dan Pelabuhan Bakauheni.

Ratusan ribu pemudik motor diperkirakan akan memadati jalinsum pada arus mudik lebaran tahun ini, dan puncaknya diperkirakan terjadi pada H-3.

Sementara itu, Kepolisian Daerah (Polda) Lampung mengerahkan sekitar 2.000 anggota dalam rangka pengamanan arus mudik dan arus balik Lebaran 2012.

"Kami menyiapkan pos pengamanan dan pelayanan di setiap daerah untuk menjaga keamanan serta kenyamanan saat pelaksanaan mudik Lebaran," kata Kepala Polda Lampung Brigadir Jenderal Polisi Jodie Rooseto.

Mereka, kata Kapolda, akan ditempatkan di berbagai titik rawan kecelakaan dan rawan kejahatan, seperti pencurian yang sifatnya membahayakan pemudik.

"Beberapa anggota ditempatkan di pos rawan kejahatan, kami pastikan pemudik aman dari tindak kejahatan," kata dia.

Namun, menurut dia, warga diharapkan tidak memakai kendaraan bermotor karena tahun lalu tingkat kecelakaan sangat tinggi.

"Polda Lampung menyediakan pengawalan terhadap kendaraan bermotor tetapi hanya malam hari mengingat jalan lintas Sumatra (Jalinsum) yang rusak parah," kata dia. (Antara/faa)